BAB I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Microsoft Power Point adalah sebuah aplikasi yang di keluarkan oleh microsoft corporation untuk membantu memudahkan pengguna microsoft dalam
mempresentasikan atau menampilkan secara visual materi yang aingin kita sampaikan.
Biasanya powerpoint sangat berguna bagi para pekerja kantoran dalam mengadakan meatting bersama klien, mahasiswa yang ingin
mempresentasikan karya ilmiahnya, atau para motivator yang ingin menampilkan materi motivasinya. Aplikasi ini sangat berguna baik dikalangan masyarakat yang menengah sampai ke kelas atas. Bahkan kelas bawah pun sekarang sudah mulai mengetahui cara menggunakannya dengan adanya fasilitas pelatihan software di sekolah-sekolah.
Namun sebenarnya ada banyak sekali kemampuan microsoft power point yang sayang sekali jika dilewatkan untuk tidak dimaksimalkan. Kurangnya informasi dan kurangnya pelatihan-pelatihan software semacam ini malah membuat powerpoint terkesan sangat sulit untuk di aplikasikan secara maksimal.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan sejumlah cara untuk mengenal fungsi-fungsi menu ikon dan tools pada microsoft powerpoint ini. Agar kelak penggunanya tidak akan kesulitan lagi mengenali hal-hal yang sekiranya sangat diperlukan dalam penggunaan aplikasi ini. Diharapkan dengan adanya makalah kami ini dapat lebih memudahkan pengguna dalam memaksimalkan fusni kerja micrososft power point ini.
1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Apa itu menu,ikon, dan tools?
b. Bagaiman cara menggunakannya?
c. Bagaimana membuat presentasi dari template yang ada?
d. Bagaimana mengubah font pada microsoft power point?
e. Bagaimana mengatur layout presentasi agar lebih menarik?
a. Apa itu menu,ikon, dan tools?
b. Bagaiman cara menggunakannya?
c. Bagaimana membuat presentasi dari template yang ada?
d. Bagaimana mengubah font pada microsoft power point?
e. Bagaimana mengatur layout presentasi agar lebih menarik?
1.3. TUJUAN
a. Definisi menu, ikon, dan tools
BAB II PEMBAHASAN
BAB II PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN DAN FUNGSI MENU, IKON DAN TOOLS
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program (software) yang membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan mudah. Program ini membantu membuat gagasan menjadi lebih menarik dan jelas. Ms power point biasanya terdiri dari kolaborasi antara grafik, movie, suara , objek, clipart, gambar dan teks. Program ini juga dapat ditampilkan di internet maupun dicetak sebagai bahan pendukung sebuah presentasi.
Di dalam Microsoft Power Point juga terdapat menu,ikon, dan tools.
· Menu
Seperti halnya menu – menu lain dalam microssoft, menu pada powerpoint merupakan kumpulan perintah semua sisitem operasi. Menu dalam powerpoint terdiri atas tiga macam, yaitu menu pokok, menu cascading dan menu pop up. Menu pokok merupakan menu standar semua program komputer. Ada 9 menu pokok meliputi: File, Edit, View, Insert, format, tools, slide show, windows dan help. Dalam menu menu itu jika di klik terdapat menu lanjutan atau sub menu atau menu puldown.
Menu file berfungsi untuk membuka lembar presentasi yang baru, membuka yang telah atau pernah dibuat, menutup, menyimpan, mengatur lembar presentasi, mencetak, dan sebagainya.
Menu edit secara umum digunakan untuk mengedit dan memperbaiki lembar presentasi, seperti membatalkan perintah, memotong, menduplikasi lembar presentasi, menghapus slide dan sebagainya.
Menu View digunakan untuk mengatur tampilan lembar presentasi dan menjalankan lembar presentasi
Menu insert digunakan untuk menyisipkan sesuatu pada lembar presentasi .
Menu format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan teks, spasi dan latar belakang slide.
Menu tools digunakan untuk memperbaiki ejaan .
Menu slide show digunakan untuk menjalankan slide, membuat animasi dan mengatur jalannya slide.
Menu window digunakan untuk mengatur beberapa lembar presentasi sekaligus di layar.
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program (software) yang membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan mudah. Program ini membantu membuat gagasan menjadi lebih menarik dan jelas. Ms power point biasanya terdiri dari kolaborasi antara grafik, movie, suara , objek, clipart, gambar dan teks. Program ini juga dapat ditampilkan di internet maupun dicetak sebagai bahan pendukung sebuah presentasi.
Di dalam Microsoft Power Point juga terdapat menu,ikon, dan tools.
· Menu
Seperti halnya menu – menu lain dalam microssoft, menu pada powerpoint merupakan kumpulan perintah semua sisitem operasi. Menu dalam powerpoint terdiri atas tiga macam, yaitu menu pokok, menu cascading dan menu pop up. Menu pokok merupakan menu standar semua program komputer. Ada 9 menu pokok meliputi: File, Edit, View, Insert, format, tools, slide show, windows dan help. Dalam menu menu itu jika di klik terdapat menu lanjutan atau sub menu atau menu puldown.
Menu file berfungsi untuk membuka lembar presentasi yang baru, membuka yang telah atau pernah dibuat, menutup, menyimpan, mengatur lembar presentasi, mencetak, dan sebagainya.
Menu edit secara umum digunakan untuk mengedit dan memperbaiki lembar presentasi, seperti membatalkan perintah, memotong, menduplikasi lembar presentasi, menghapus slide dan sebagainya.
Menu View digunakan untuk mengatur tampilan lembar presentasi dan menjalankan lembar presentasi
Menu insert digunakan untuk menyisipkan sesuatu pada lembar presentasi .
Menu format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan teks, spasi dan latar belakang slide.
Menu tools digunakan untuk memperbaiki ejaan .
Menu slide show digunakan untuk menjalankan slide, membuat animasi dan mengatur jalannya slide.
Menu window digunakan untuk mengatur beberapa lembar presentasi sekaligus di layar.
Menu Help digunakan untuk mencari bantuan operasional meliputi: Microssoft Powerpoint help, show the office assistan dan lain – lain.
· Ikon
Ikon merupakan tombol-tombol atau simbol-simbol perintah yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mengakses suatu perintah tertentu. dalam microsoft power point terdapat beberapa ikon yang dapat digunakan sebagai berikut :
Ø HOME
Dalam ribbon tab home terdiri dari beberapa tool group diantaranya
1. Group Clipboard terdiri dari :
· Ikon
Ikon merupakan tombol-tombol atau simbol-simbol perintah yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mengakses suatu perintah tertentu. dalam microsoft power point terdapat beberapa ikon yang dapat digunakan sebagai berikut :
Ø HOME
Dalam ribbon tab home terdiri dari beberapa tool group diantaranya
1. Group Clipboard terdiri dari :
1. Paste untuk menempelkan hasil paste atau cut
2. Cut untuk memotong teks atau objek tampilan
3. Copy untuk menggandakan teks atau objek terpilih
4. Format painter digunakan untuk meniru format halaan dokumen ke dalam dokumen lainya.
2. Cut untuk memotong teks atau objek tampilan
3. Copy untuk menggandakan teks atau objek terpilih
4. Format painter digunakan untuk meniru format halaan dokumen ke dalam dokumen lainya.
2. Group Slide terdiri dari :
1. New slide untuk menyisipkan slide yang baru
2. Layaout untuk menentukan tata letak slide
3. Resert untuk menduplikasi slide
4. Delete untuk menghapus slide
3. Group Font terdiri dari :
1. Font untuk mengubah jenis huruf
2. Fontsize untuk mengganti ukuran huruf
3. Increase fontsize untuk membesarkan huruf
4. Decrease fontsize untuk mengecilkan huruf
5. Clear all formatting untuk mengembalikan teks seperti semula
6. Bold untuk membuat karakter huruf menjadi tebal
7. Italic untuk membuat karakter huruf menjadi miring
8. Underline untuk membuat karakter huruf menjadi garis bawah
9. Striketrough untk menggambar atau membuat garis ditengah kalimat yang dipilih
10. Text shadow untuk memberikan efek pada tulisan
11. Character spasing untuk menatur jarak antara huruf yang satu dengan yang lainya.
12. Change case untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf capital dan sebaliknya
13. Font color untuk member warna latar belakang
2. Layaout untuk menentukan tata letak slide
3. Resert untuk menduplikasi slide
4. Delete untuk menghapus slide
3. Group Font terdiri dari :
1. Font untuk mengubah jenis huruf
2. Fontsize untuk mengganti ukuran huruf
3. Increase fontsize untuk membesarkan huruf
4. Decrease fontsize untuk mengecilkan huruf
5. Clear all formatting untuk mengembalikan teks seperti semula
6. Bold untuk membuat karakter huruf menjadi tebal
7. Italic untuk membuat karakter huruf menjadi miring
8. Underline untuk membuat karakter huruf menjadi garis bawah
9. Striketrough untk menggambar atau membuat garis ditengah kalimat yang dipilih
10. Text shadow untuk memberikan efek pada tulisan
11. Character spasing untuk menatur jarak antara huruf yang satu dengan yang lainya.
12. Change case untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf capital dan sebaliknya
13. Font color untuk member warna latar belakang
4. Paragraph terdiri dari :
1. Bullets untuk menomorkan dengan menggunakan bentuk2 geometris
2. Numbering utuk membuat penomoran
3. Decrease list level untuk menggeset teks ke kiri
4. Increase list level untuk menggeser teks ke kanan
5. Line spasing untuk mengatur spasi
6. Align text left untuk meratakan teks sebelah kiri
7. Center untuk penempatan teks ditengah
8. Align text right untuk meratakan teks sebelah kanan
9. Justify untuk meratakan teks sebelah kiri dan kanan
10. Distributed
11. Left-To-Right Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kiri kekanan
12. Right-To-Left Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kananke kiri
13. Columns untuk membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian
14. Text Direction untuk mengubah arah teks
15. Align Text untuk mengubah tempat posisi teks
16. Convert To SmartArt Grapic untuk mengubah teks menjadi diagram
5. Drawing tediri dari :
1. Shapes untuk membuat objek shape
2. Arrage untuk mengatur posisi dan rotasi objek
3. Quick styles untuk memberikan visual style
4. Shape fill untuk memberi background warna pada objek
5. Shape outline untuk member warna pada bingkai pada objek
6. Shape effect untuk memberikan efek pada objek
6. Editing terdiri dari :
1. Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2. Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3. Select digunakan untuk memilih objek tertentu dalam suatu file
Ø INSERT
Dalam ribbon insert terdiri dari beberapa group, diantaranya sebagai berikut :
1. Table untuk membuat atau menempatkan table slide
2. Illustrations terdiri dari :
2. Numbering utuk membuat penomoran
3. Decrease list level untuk menggeset teks ke kiri
4. Increase list level untuk menggeser teks ke kanan
5. Line spasing untuk mengatur spasi
6. Align text left untuk meratakan teks sebelah kiri
7. Center untuk penempatan teks ditengah
8. Align text right untuk meratakan teks sebelah kanan
9. Justify untuk meratakan teks sebelah kiri dan kanan
10. Distributed
11. Left-To-Right Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kiri kekanan
12. Right-To-Left Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kananke kiri
13. Columns untuk membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian
14. Text Direction untuk mengubah arah teks
15. Align Text untuk mengubah tempat posisi teks
16. Convert To SmartArt Grapic untuk mengubah teks menjadi diagram
5. Drawing tediri dari :
1. Shapes untuk membuat objek shape
2. Arrage untuk mengatur posisi dan rotasi objek
3. Quick styles untuk memberikan visual style
4. Shape fill untuk memberi background warna pada objek
5. Shape outline untuk member warna pada bingkai pada objek
6. Shape effect untuk memberikan efek pada objek
6. Editing terdiri dari :
1. Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2. Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3. Select digunakan untuk memilih objek tertentu dalam suatu file
Ø INSERT
Dalam ribbon insert terdiri dari beberapa group, diantaranya sebagai berikut :
1. Table untuk membuat atau menempatkan table slide
2. Illustrations terdiri dari :
1. Picture untuk menyisipkan gambar pada slide
2. Clipart sama halnya picture
3. Photo album untuk mengambil gambar atau menambahkan gambar dari file lain yang ada di komputer
4. Shapes membuat bentuk sesuai kebutuhan presentasi
5. Smarart untuk menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
6. Chart untuk menyisipkan grafik dalam slide
3. Link terdiri dari :
1. Hyperink untuk menghubungkan satu bagian dengan bagian lain
2. Action
4. Text terdiri dari :
1. Text book Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
2. Headher and Fother Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
3. WordArt Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
4. Date and Time Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
5. Slide number memberikan nomer pada lembar kerja
6. Symbol untuk menyisipkan sebuah simbol
7. Object Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
2. Clipart sama halnya picture
3. Photo album untuk mengambil gambar atau menambahkan gambar dari file lain yang ada di komputer
4. Shapes membuat bentuk sesuai kebutuhan presentasi
5. Smarart untuk menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
6. Chart untuk menyisipkan grafik dalam slide
3. Link terdiri dari :
1. Hyperink untuk menghubungkan satu bagian dengan bagian lain
2. Action
4. Text terdiri dari :
1. Text book Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
2. Headher and Fother Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
3. WordArt Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
4. Date and Time Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
5. Slide number memberikan nomer pada lembar kerja
6. Symbol untuk menyisipkan sebuah simbol
7. Object Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Media clips terdiri dari :
1. Movie Menyisipkan vidio pada slide
2. Sound Menyisipkan suara pada slide
1. Movie Menyisipkan vidio pada slide
2. Sound Menyisipkan suara pada slide
Ø DESIGN
Dalam ribbon design terdiri dari beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1. Page setup terdiri dari :
1. Page setup : Mengatur ukuran slide
2. Slide Orientation : Mengatur orientasi slide
Dalam ribbon design terdiri dari beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1. Page setup terdiri dari :
1. Page setup : Mengatur ukuran slide
2. Slide Orientation : Mengatur orientasi slide
2. Themes terdiri dari :
1. Colours Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2. Fonts untuk memberikan warna pada huruf
3. Effect untuk memberikan efek warna
3. Background terdiri dari :
1. Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2. Hide background graphics untuk menghilangkan dan memunculkan efek gambar pada background
1. Colours Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2. Fonts untuk memberikan warna pada huruf
3. Effect untuk memberikan efek warna
3. Background terdiri dari :
1. Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2. Hide background graphics untuk menghilangkan dan memunculkan efek gambar pada background
Ø ANIMATIONS
Dalam ribbon animation terdapat beberapa group diantaraya sebagai berikut:
1. Preview berfungsi untuk melihat tampilan slide atau dokumen yang telah dibuat
2. Animations memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
3. Transtation to this slide untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat terdiri dari :Transtation sound, Transtation speed, Apply to all, Advance slide terdiri dari (on mouse click dan automatically after)
Ø SLIDE SHOW
Dalam ribbon slide show terdapat beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1. Star slide show terdiri dari :
1. Preview berfungsi untuk melihat tampilan slide atau dokumen yang telah dibuat
2. Animations memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
3. Transtation to this slide untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat terdiri dari :Transtation sound, Transtation speed, Apply to all, Advance slide terdiri dari (on mouse click dan automatically after)
Ø SLIDE SHOW
Dalam ribbon slide show terdapat beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1. Star slide show terdiri dari :
1. From beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide
2. From current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
3. Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
2. From current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
3. Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
2. Set Up mengatur tampilan terdiri dari :
1. Hide slide : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
2. Rehearse Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
3. Record narration dan rehearse thimings
3. Monitors terdiri dari resolution, show presentation on, use presenter view
Ø REFIEW
Dalam ribbon review terdiri dari beberapa group diantaranya :
1. Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
2. Comments : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
3. Protect : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
2. Rehearse Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
3. Record narration dan rehearse thimings
3. Monitors terdiri dari resolution, show presentation on, use presenter view
Ø REFIEW
Dalam ribbon review terdiri dari beberapa group diantaranya :
1. Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
2. Comments : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
3. Protect : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
Ø View
Dalam ribbon view terdiri dari beberapa group diantaranya :
1. Presentations view terdiri dari :
1. Normal : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
2. Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
3. Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
4. Slide Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
5. Hand out master dan notes master
2. Show / hide terdiri dari :
Dalam ribbon view terdiri dari beberapa group diantaranya :
1. Presentations view terdiri dari :
1. Normal : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
2. Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
3. Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
4. Slide Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
5. Hand out master dan notes master
2. Show / hide terdiri dari :
1. Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
2. Gridlines
3. Message bar
3. Zoom terdiri dari :
2. Gridlines
3. Message bar
3. Zoom terdiri dari :
1. zoom untuk menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
2. fit to window (menentukan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela power poin)
4. Color/Grayscale terdiri dari color, Grayscale,pure black and white
5. Window terdiri dari new window, move split,cascade,arangeAll
6. Macros
· Tools
Ada tiga macam tools menu yang akan di bahas yaitu :
2. fit to window (menentukan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela power poin)
4. Color/Grayscale terdiri dari color, Grayscale,pure black and white
5. Window terdiri dari new window, move split,cascade,arangeAll
6. Macros
· Tools
Ada tiga macam tools menu yang akan di bahas yaitu :
Tools menu standard merupakan tools menu yang digunakan untuk operasional vital, seperti membuka lembar presentasi, menyimpan, menggandakan dan sebagainya.
Tools menu formating digunakan untuk memformat jenis font dan ukurannya.
Tools menu standar merupakan icon drawing , jika icon ini diklik maka akan muncul menu drawing.
2.2. MEMBUAT PRESENTASI DENGAN TEMPLATE
1. Buka presentasi kosong, lalu pada tab Tampilan, dalam grup Tampilan Master, pilih Master Slide.
Slide master adalah gambar slide yang terbesar di bagian atas daftar gambar Mini slide, di sebelah kiri slide Anda. Terkait slide tata letak dan diposisikan di bawahnya slide master.
2. Untuk membuat perubahan pada slide master atau tata letak slide, pada tab Slide Master , lakukan salah satu hal berikut:
Slide master adalah gambar slide yang terbesar di bagian atas daftar gambar Mini slide, di sebelah kiri slide Anda. Terkait slide tata letak dan diposisikan di bawahnya slide master.
2. Untuk membuat perubahan pada slide master atau tata letak slide, pada tab Slide Master , lakukan salah satu hal berikut:
o Untuk menambahkan sebuah tema penuh warna dengan font khusus dan efek, klik tema, dan pilih sebuah tema dari galeri. Gunakan bilah gulir di sebelah kanan untuk melihat tema lainnya.
o Untuk mengubah latar belakang, klik Gaya latar belakang, dan pilih latar belakang.
o Untuk menambahkan tempat penampung (untuk menangguhkan teks, Gambar, bagan, video, suara, dan objek lain), di panel gambar mini, pilih tata letak slide yang Anda inginkan untuk menyimpan tempat penampung, dan lakukan hal berikut ini:
Klik Sisipkan tempat penampung, dan pilih tipe tempat penampung yang ingin Anda tambahkan.
Pada slide master atau tata letak slide, klik dan seret untuk menggambar ukuran tempat penampung.
TIPS: Untuk mengubah ukuran tempat penampung, seret sudut salah satu tepinya.
o Untuk mengubah latar belakang, klik Gaya latar belakang, dan pilih latar belakang.
o Untuk menambahkan tempat penampung (untuk menangguhkan teks, Gambar, bagan, video, suara, dan objek lain), di panel gambar mini, pilih tata letak slide yang Anda inginkan untuk menyimpan tempat penampung, dan lakukan hal berikut ini:
Klik Sisipkan tempat penampung, dan pilih tipe tempat penampung yang ingin Anda tambahkan.
Pada slide master atau tata letak slide, klik dan seret untuk menggambar ukuran tempat penampung.
TIPS: Untuk mengubah ukuran tempat penampung, seret sudut salah satu tepinya.
o Untuk memindahkan tempat penampung di sekitar pada slide master atau tata letak slide, pilih tepinya dan lalu seret ke posisi baru.
o Untuk menghapus tempat penampung yang tidak diinginkan dalam slide master atau tata letak slide, pilih di panel gambar Mini slide, lalu pilih batas tempat penampung pada slide dan tekan Delete.
o Untuk menghapus tempat penampung yang tidak diinginkan dalam slide master atau tata letak slide, pilih di panel gambar Mini slide, lalu pilih batas tempat penampung pada slide dan tekan Delete.
o Untuk mengatur orientasi halaman untuk semua slide di presentasi Anda, klik Ukuran Slide > Ukuran Slide kustom.
Di bawah orientasi, pilih potret atau lanskap.
Menyimpan presentasi Anda sebagai templat PowerPoint (.potx)
Menyimpan presentasi Anda sebagai templat PowerPoint (.potx)
1. Pada tab File, klik Simpan Sebagai.
2. Di bawah Simpan, klik Telusuri.
3. Dalam kotak dialog Simpan sebagai , dalam kotak nama File , ketikkan nama file untuk Templat Anda, atau terima nama file yang disarankan.
4. Di daftar Simpan sebagai tipe, pilih Templat PowerPoint, lalu pilih Simpan.
PowerPoint secara otomatis menyimpan Templat baru Anda dalam folder Templat Office kustom.
2. Di bawah Simpan, klik Telusuri.
3. Dalam kotak dialog Simpan sebagai , dalam kotak nama File , ketikkan nama file untuk Templat Anda, atau terima nama file yang disarankan.
4. Di daftar Simpan sebagai tipe, pilih Templat PowerPoint, lalu pilih Simpan.
PowerPoint secara otomatis menyimpan Templat baru Anda dalam folder Templat Office kustom.
5. Untuk menggunakan templat Anda untuk presentasi baru, klik File > baru.
o Di PowerPoint 2016, klik kustom > Templat Office kustom, dan lalu klik ganda Templat yang Anda simpan.
o Di PowerPoint 2013, klik pribadi, dan lalu klik ganda Templat yang Anda simpan.
o Di PowerPoint 2016, klik kustom > Templat Office kustom, dan lalu klik ganda Templat yang Anda simpan.
o Di PowerPoint 2013, klik pribadi, dan lalu klik ganda Templat yang Anda simpan.
2.3. MENGATUR LAYOUT PRESENTASI
PowerPoint 2007 menyediakan beberapa layout (tampilan) yang dapat digunakan untuk memperindah presentasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam layout presentasi adalah:
1. Klik Office Button dan pilih New untuk membuat slide baru.
2. Kemudian klik Blank and Rescent dan klik tombol Create
3. Setelah slide pertama tampil pada area kerja tampil,ubah layout slide dengan cara klik tombol Layout pada Tab Home didalam Grup Slides.
4. Jendela Office Theme akan tampil sebagai berikut :
2.4. MENGATUR FORMAT TEKS
1. Klik Office Button dan pilih New untuk membuat slide baru.
2. Kemudian klik Blank and Rescent dan klik tombol Create
3. Setelah slide pertama tampil pada area kerja tampil,ubah layout slide dengan cara klik tombol Layout pada Tab Home didalam Grup Slides.
4. Jendela Office Theme akan tampil sebagai berikut :
2.4. MENGATUR FORMAT TEKS
1. Pertama membuka menu power point, akan ditunjukkan dengan tampilan slide dan pada menu home. Pilih menu Layout yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan untuk menggunakan desain yang akan digunakan. Baik itu title slide, title and content atau Blank, sesuaikan dengan kebutuhan.
2. Pilih jenis, ukuran tulisan dan warna yang diinginkan, sesuaikan dengan sasaran penerima informasi, baik itu anak-anak, remaja atau dewasa. Blok tulisan yang ingin di desain, lalu klik menunya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
3. Setelah itu dapat mengatur dimana letak tulisan, baik diatas, ditengah ataun dibawah. Dengan memilih menu Align Text, jika ingin memperoleh pilihan lebih pilih More Options.
4.Seperti halnya pada Ms Word, spasi antar baris tulisan dapat diatur sesuai dengan keinginan. Caranya dengan memilih menu Line Spacing seperti pada contoh di bawah ini.
2. Pilih jenis, ukuran tulisan dan warna yang diinginkan, sesuaikan dengan sasaran penerima informasi, baik itu anak-anak, remaja atau dewasa. Blok tulisan yang ingin di desain, lalu klik menunya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
3. Setelah itu dapat mengatur dimana letak tulisan, baik diatas, ditengah ataun dibawah. Dengan memilih menu Align Text, jika ingin memperoleh pilihan lebih pilih More Options.
4.Seperti halnya pada Ms Word, spasi antar baris tulisan dapat diatur sesuai dengan keinginan. Caranya dengan memilih menu Line Spacing seperti pada contoh di bawah ini.
Itulah beberapa langkah mudah dalam mengatur format teks dalam aplikasi power point. Semoga dapat membantu memberikan informasi bagi yang membutuhkan.
BAB III PENUTUP
BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program (software) yang membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan mudah. Program ini membantu membuat gagasan menjadi lebih menarik dan jelas. Ms power point biasanya terdiri dari kolaborasi antara grafik, movie, suara , objek, clipart, gambar dan teks. Program ini juga dapat ditampilkan di internet maupun dicetak sebagai bahan pendukung sebuah presentasi.
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program (software) yang membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan mudah. Program ini membantu membuat gagasan menjadi lebih menarik dan jelas. Ms power point biasanya terdiri dari kolaborasi antara grafik, movie, suara , objek, clipart, gambar dan teks. Program ini juga dapat ditampilkan di internet maupun dicetak sebagai bahan pendukung sebuah presentasi.
Di dalam Microsoft Power Point juga terdapat menu,ikon, dan tools.
Penggunaan aplikasi ini cenderung mudah, namun dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kreatifitas dalam mengolah setiap lembar kerja, agar presentasi kita menjadi lebih menarik dan menyenangkan untuk diperhatikan.
DAFTAR PUSTAKA
Catur.H.Purnomo.2011.Panduan Belajar Otodidak Power Point 2010.Jakarta : Media Kita.
S.Jarot,dkk. 2010. Cara Mudah Menguasai Microsoft Office Power Point 2007 & 2008 dalam Seminggu.Jakarta : Media Kita.
Media
http://www.mahanani.web.id/2012/12/mengatur-layout-powerpoint.html
http://trainingpresentasi.net/cara-mudah-mengatur-layout-gambar-presentasi-powerpoint/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar